Warek III UTU Hadiri Forum Inkubator Bisnis Teknologi di Bali
  • UTU News
  • 27. 08. 2019
  • 0
  • 2230

MEULABOH, UTU - Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Mursyidin, MA selaku Ketua Pendiri Inkubator Bisnis Teknologi (IBT), Universitas Teuku Umar (UTU) memenuhi undangan Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Acara ini dihadiri Ketua IBT seluruh Indonesia dengan tema: Peran Inkubator Bisnis Teknologi dalam Menghasilkan Start Up dengan Strategi Komersialisasi Hasil Riset.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari (26-28 Agustus 2019) di Hotel Harris & Residences Sunset Road, Bali, dengan menghadirkan 11 pemateri dari berbagai instansi kementerian terkait dan pelaku bisnis.

Pada hari pertama seminar ada 7 pemateri yaitu Kemal Prihatman, Direktur KST dan Lembaga Penunjang Lainnya, dengan membawa makalahnya tentang Sosialisasi Pemeringkatan Inkubator Bisnis Teknologi. Pemateri kedua adalah Bapak Asril Fitri Syamma, beliau Ketua Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI), tema yang diangkat beliau tentang Perkembangan Inkubator Bisnis Indonesia. Selanjutnya Prof. Hadi Karya Purwadaria, memaparkan tentang Peran IBT Indonesia di Internasional.

Pemateri selanjutnya adalah Kompiang Wirawan, beliau Seorang Dosen dan Pengelola IBT Universitas Gajah Mada (UGM), dia banyak menceritakan pengalaman Inkubator UGM yang sudah berhasil di kancah nasional, dengan mengambil tema Peranan Perguruan Tinggi dalam upaya Komersialisasi Hasil Riset. Dilanjutkan pemateri dari 3 kementerian pada malam hari dimulai jam 19.00 - 21.30 yaitu Kementerian Ristek Dikti, Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Perekonomian.

Sedangkan Acara pada hari kedua, 27 Agustus 2019 di tempat yang sama, menampilkan beberapa pemateri dari dunia Bisnis baik dalam dan luar negeri. Dari luar negeri diantaranya, Dr. Julian Webb, seorang konsultan inkubator yang berasal dari Negeri Kangguru, Australia, dengan judul Best Practices in Technology Business Incubator for Commercialisation of Research Results. Pada sesi selanjutnya dihadirkan dari Direktur Lembaga Pengawas Pembiayaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Start Up Indonesia. Dan pematei tarakhir disampaikan oleh Prof. Yan Zhen Jun, Ph.D, Eksekutif Presiden, CISTDS, Cina. Dia memaparkan tentang Businees Incubator as a Sufficient Tool for High-tech Industry Development - Experiences from China.

Pada hari terakhir 27 Agustus 2019, semua peserta IBT menghadiri Peringatan Kegiatan Puncak Harteknas yang dihadiri langsung oleh Bapak Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla. Dalam paparan Warek 3 UTU dikirim langsung ke media UTU, bahwa kegiatan Forum Inkubator Bisnis Teknologi sangat berguna untuk IBT UTU yang baru didirikan.

"Pengalaman yang disampaikan oleh seluruh pemateri sangat bermakna dalam pengembangan IBT UTU ke depan, dan ilmu yang didapatkan dari acara ini, akan diterapkan di IBT UTU dan menargetkan IBT UTU dapat menghasilkan Tenant - tenant yang berkualitas." Tutur Dr. Mursyidin di Denpasar Bali. (Mursyidin).

Komentar :

Lainnya :